Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun BPK RI ke-64

Senin, 17 Januari 2011. Upacara peringatan hari ulang tahun BPK RI ke-64 menjadi upacara pertama BPK RI Perwakilan Provinsi Bengkulu yang dilaksanakan di gedung kantor baru. Upacara berlangsung di halaman depan gedung kantor dan dimulai pada pukul 08.00 WIB yang dipimpin langsung oleh Kepala Perwakilan Ade Iwan Ruswana sebagai inspektur upacara.

Dalam pidato Ketua BPK RI Hadi Purnomo yang dibacakan oleh Kepala Perwakilan, Ketua mengingatkan kembali tujuan pembentukan BPK sebagaimana dikehendaki oleh para pendiri bangsa (founding fathers) yang dituangkan dalam UUD 1945. Sebagaimana amanat pasal 23 E UUD 1945 tugas BPK adalah memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan Negara. BPK melaksanakan tugas tersebut dalam kerangka untuk menjaga agar pengelolaan keuangan Negara ditujukan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Dengan kata lain, pendirian BPK bertujuan untuk mengamankan pencapaian tujuan bernegara yaitu mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur.

Ketua juga mengingatkan tentang arah pengembangan BPK lima tahun ke depan yang terdapat dalam rencana strategis BPK tahun 2011-2015 yaitu memfokuskan pada peningkatan peran BPK dalam mewujudkan pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntabel untuk mendukung tercapainya tujuan bernegara. Para pegawai BPK diharapkan benar-benar memahaminya sehingga mempunyai tanggung jawab besar untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

Bertepatan dengan upacara peringatan Hari Ulang Tahun BPK RI ke-64 ini, Kepala Perwakilan juga memberikan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya berdasarkan Keppres Nomor 62/TK/Tahun 2010 kepada Kepala Seksi Bengkulu I.A Andriyono Soewadhi dan Kepala Seksi Bengkulu II.A Cipto Nugroho atas masa bakti yang telah mencapai 10 (sepuluh) tahun.

Selain itu, untuk menyalurkan semangat dan memeriahkan Hari Ulang Tahun BPK RI ke-64, BPK RI Perwakilan Provinsi Bengkulu juga menggelar berbagai pertandingan olah raga, antara lain futsal, bulu tangkis, tenis meja, karaoke, dan pertandingan PES yang diikuti oleh seluruh pegawai BPK yang mewakili bagiannya masing-masing. Pertandingan tersebut dilaksanakan di lingkungan Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Bengkulu.