Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di BPK RI Perwakilan Provinsi Bengkulu

Senin, 3 Oktober 2011. Tepat 46 tahun silam, 30 September 1965, peristiwa pembantaian 7 Jenderal TNI oleh PKI tercatat dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia yang dikenal dengan Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (PKI). Dengan kesigapan TNI G30S/PKI dapat ditumpas, sejak saat itulah tanggal 30 September diperingati sebagai Gerakan Pengkhianatan PKI dan 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Ditetapkannya 1 Oktober sebagai hari Kesaktian Pancasila adalah merupakan wujud rasa syukur karena bangsa Indonesia terhindar dari penyimpangan ideologi.

Oleh sebab itu, BPK RI Perwakilan Provinsi Bengkulu melaksanakan upacara Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati tanggal 1 Oktober 2011 lalu. Upacara ini dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB di halaman depan kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Bengkulu dan dipimpin langsung oleh Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Bengkulu yaitu Bapak Erwin.

Pada upacara ini juga dibacakan ikrar Hari Kesaktian Pancasila yang isinya merupakan kebulatan tekad warga Negara untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.