Peringatan HUT ke-72 Proklamasi Kemerdekaan RI

Kamis, 17 Agustus 2017. BPK Perwakilan Provinsi Bengkulu melaksanakan upacara bendera dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Kepala Sekretariat Perwakilan Provinsi Bengkulu Abidin bertindak sebagai inspektur upacara, sedangkan Kepala Subbagian Umum dan TI Iwan Sukma Permana sebagai komandan upacara. Tema Peringatan HUT ke-72 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini adalah “Indonesia Kerja Bersama“.

Upacara dilaksanakan di halaman depan kantor BPK Perwakilan Provinsi Bengkulu. Dalam sambutan yang dibacakan oleh inspektur upacara, Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara mengingatkan jajaran pelaksana BPK untuk memanfaatkan momentum kemerdekaan dengan meneladani semangat perjuangan para pahlawan melalui pelaksanaan tugas di BPK. Bentuk perwujudan peran strategis BPK dalam mengisi kemerdekaan di antaranya melalui penetapan visi BPK dalam Rencana Strategis 2016-2020, yaitu sebagai pendorong pengelolaan keuangan negara untuk mencapai tujuan bernegara melalui pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaat. Melalui visi tersebut, fokus pemeriksaan BPK tidak hanya pada assurance terkait administrasi pengelolaan keuangan negara, tetapi juga assurance terkait capaian substansi (outcome dan dampak) atas program pembangunan pemerintah.

Ketua BPK juga menyatakan bahwa slogan “Kerja Bersama, Bersama Kerja” pada HUT RI tahun ini sejalan dengan upaya BPK dalam membangun sinergi bersama untuk meningkatkan kualitas dan manfaat kelembagaan BPK. Hal ini menurutnya penting untuk mempertahankan kepercayaan masyarakat, terutama saat BPK sedang mendapat sorotan publik. Untuk meningkatkan kualitas dan manfaat kelembagaan ini, BPK perlu memperkuat implementasi Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN) dan kode etik.

Mengakhiri sambutannya, Ketua BPK mengajak segenap pelaksana BPK untuk senantiasa bekerja bersama dan tetap memegang teguh integritas, independensi, dan profesionalisme agar kepercayaan pemangku kepentingan terhadap BPK dapat meningkat.

Acara dilanjutkan dengan penyematan secara simbolis penghargaan Satyalancana Karya Satya 10 dan 20 tahun oleh Kepala Sekretariat Perwakilan kepada penerima di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Bengkulu.

Setelah upacara selesai, seluruh pegawai BPK Perwakilan Provinsi Bengkulu berkumpul untuk menikmati tumpeng berbentuk angka 72 yang dipotong oleh Kepala Sekretariat Perwakilan sebagai wujud rasa syukur atas nikmat kemerdekaan yang diraih oleh Republik Indonesia.