Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 102

Kamis, 20 Mei 2010. BPK RI Perwakilan Provinsi Bengkulu melaksanakan kegiatan upacara guna memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke 102 yang diperingati setiap tanggal 20 Mei. Upacara yang dimulai pada pukul 08.00 WIB ini berlangsung di halaman gedung BPK RI Perwakilan Provinsi Bengkulu Jl. Pembangunan No. 16 Padang Harapan, Bengkulu. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Kepala Perwakilan Provinsi Bengkulu, Ade Iwan Ruswana, SE.,MM.,Ak., serta dihadiri oleh seluruh pejabat struktural dan pegawai BPK RI Perwakilan Provinsi Bengkulu lainnya.

Sesuai dengan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI yang dibacakan oleh Kepala Perwakilan Provinsi Bengkulu, maka Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2010 ini mengambil tema “Dengan Semangat Kebangkitan Nasional Kita Tingkatkan Ketahanan Masyarakat Dalam Kerangka NKRI”.

Ketahanan masyarakat (social resilience) pada dasarnya merupakan prasyarat utama untuk mewujudkan ketahanan bangsa. Ketahanan bangsa sangat ditentukan oleh kekuatan karakter kebangsaan masyarakatnya

Pembangunan karakter bangsa setidaknya diarahkan kepada 4 (empat) tataran besar yaitu: pertama: untuk menjaga jati diri bangsa; kedua: untuk menjaga keutuhan NKRI; ketiga: untuk membentuk masyarakat yang berakhlak mulia; dan keempat: untuk membentuk bangsa yang maju, mandiri, dan bermartabat. Pembangunan karakter bangsa setidaknya harus mencakup 4 (empat) lingkup besar yaitu lingkup keluarga, lingkup pendidikan, lingkup masyarakat, dan lingkup pemerintahan.

Oleh sebab itu, bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 102 ini, Menteri Komunikasi dan Informatika RI melalui Kepala Perwakilan Provinsi Bengkulu mengajak seluruh pegawai untuk menanamkan dan menerapkan nilai-nilai Kebangkitan Nasional dengan sungguh-sungguh dengan hati yang ikhlas, sehingga dapat kita jadikan pondasi yang kuat dalam membangun bangsa ini serta menjadi landasan kita dalam menyelesaikan berbagai permasalahan bangsa yang akan dihadapi.