Upacara Peringatan HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI di Bengkulu

Bengkulu, 17 Agustus 2018. Pada hari ini BPK Perwakilan Provinsi Bengkulu melaksanakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang berlangsung di halaman depan kantor dan bertindak sebagai komandan upacara yaitu Kasubbag Umum & TI Iwan Sukma Permana dan inspektur upacara yaitu Kepala Perwakilan Yuan Candra Djaisin.

Pada sambutan Ketua BPK RI Moermahadi Soerja Djanegara yang dibacakan oleh inspektur upacara, beliau menekankan pada peran penting BPK untuk memastikan program-program prioritas pembangunan nasional telah direncanakan, dilaksanakan, dan dilaporkan secara transparan, akuntabel, ekonomis, efisien, dan efektif.

Selain itu, Ketua BPK RI juga menyampaikan bahwa di usia yang ke-73 ini, negara kita dihadapkan pada berbagai tantangan yang tidak ringan. BPK sebagai lembaga negara yang bertugas untuk memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara harus mengambil peran strategis untuk mengisi kemerdekaan ini.

Begitu besarnya harapan negara dan rakyat kepada BPK, sepantasnyalah hal tersebut menjadi dorongan yang kuat bagi kita untuk bekerja dengan sungguh-sungguh dan memberikan kemampuan terbaik dalam rangka mendorong tercapainya tujuan negara, melalui tugas pemeriksaan kita yang berkualitas dan bermanfaat.

Dalam pemeriksaan keuangan, BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun 2017. Opini WTP menjadi salah satu indikator penting pengelolaan keuangan negara yang baik. Perbaikan kualitas akuntabilitas pemerintah pusat dan daerah saat ini tidak lepas dari peran kita melalui rekomendasi perbaikan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara.

Di dunia internasional, BPK kembali terpilih sebagai pemeriksa eksternal International Atomic Energy Agency (IAEA) untuk periode 2017-2019 dan sebagai anggota panel external auditor Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang bertugas sebagai lembaga pemeriksa untuk badan-badan dalam komunitas PBB. BPK juga terlibat dalam pemeriksaan Sustainable Development Goals (SDGs) di lingkungan organisasi BPK sedunia. Keaktifan BPK di dunia Internasional adalah bagian dari peningkatan kapabilitas pemeriksa dan menunjukan kemampuan anak bangsa dalam pemeriksaan lembaga internasional.

Upacara Peringatan HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tersebut diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai BPK Perwakilan Provinsi Bengkulu. Pada kesempatan ini diberikan juga piagam penghargaan Satya Lancana Karya Satya 10 tahun kepada pemeriksa pada Subauditorat Bengkulu I Irwin Mirson dan 20 tahun kepada Kasubbag Keuangan Lui Hermawan. Selain itu, inspektur upacara juga memberikan piagam penghargaan kepada Ketua Tim Yunior Farid Kurniawan Rosadhy atas kontribusinya dalam Pemberian Keterangan Ahli pada Persidangan Dugaan Tindak Pidana Korupsi atas Pelaksanaan Kegiatan Sosialisasi Pajak Daerah pada DPPKA Kota Bengkulu TA 2016 pada 14 Februari 2018 lalu.

Setelah upacara di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Bengkulu selesai, Kepala Perwakilan juga menghadiri undangan Gubernur Bengkulu dalam rangka Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-73 yang pelaksanaannya kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena dilaksanakan di lingkungan Benteng Marlborough Bengkulu.