Upacara Peringatan HUT ke-74 Proklamasi Kemerdekaan RI di Bengkulu

Bengkulu, 17 Agustus 2019. Pada hari ini (Sabtu) BPK Perwakilan Provinsi Bengkulu melaksanakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang berlangsung dihalaman depan kantor dan bertindak sebagai  inspektur upacara yaitu Kepala Perwakilan R. Aryo Seto Bomantari S.E., M.M., Ak.,CA.

Pada sambutan Ketua BPK RI Moermahadi Soerja Djanegara yang dibacakan oleh inspektur upacara, beliau mengharapkan dan menekankan agar seluruh pegawai BPK senantiasa bekerja dengan kompak, bersinergi, penuh semangat, dan tetap memegang teguh integritas, independensi, serta profesionalisme untuk meningkatkan kepercayaan pemangku kepentingan. Selain itu, Ketua BPK RI juga menyampaikan bahwa Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019 adalah SDM Unggul Indonesia Maju. Makna SDM Unggul menunjukkan semangat yang besar dari negara kita untuk dapat membangun sumber daya manusia yang berkualitas. Makna Indonesia maju adalah Indonesia yang dapat berkompetisi di tingkat global, Indonesia yang rakyatnya sejahtera.

Sehubungan dengan pembangunan SDM unggul, BPK turut membangun SDM-nya dengan peningkatan kompetensi melalui inisiatif strategis talent pool pada Renstra BPK. BPK telah menyetujui pengembangan talent pool dan diimplementasikan pada semester II tahun 2019 untuk pejabat administratif (Eselon 3). Hal ini harus dilanjutkan dengan implementasi sistem merit pada Renstra 2020-2024 yang akan datang. Untuk menunjang SDM unggul, pada tahun 2018 yang lalu, pegawai BPK telah menerima Tunjangan Pejabat Tertentu. Saya berharap kenaikan tunjangan ini dapat dimanfaatkan untuk peningkatan kesejahteraan seluruh pelaksana BPK yang diiringi dengan peningkatan kinerjanya. Pengembangan SDM BPK juga dilakukan dengan perluasan Jabatan Fungsional Pemeriksa (JFP) di Ditama Revbang, Ditama Binbangkum, Inspektorat Utama, dan Biro TI. Dengan perluasan penerapan JFP ini, maka pengetahuan dan kompetensi pemeriksa semakin diperkaya dan kariernya pun dapat semakin berkembang. SDM BPK yang unggul akan menghasilkan pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaat. Tata kelola keuangan yang semakin baik merupakan hasil dari SDM yang unggul. Selain itu, kepercayaan dunia internasional terhadap SDM BPK juga dapat dilihat dari ditunjuknya BPK sebagai external auditor International Atomic Energy Agency (IAEA) dan peran dalam pemeriksaan Sustainable Development Goals (SDGs), serta peran lain di INTOSAI, ASOSAI, dan ASEANSAI. Keaktifan BPK di dunia internasional adalah bagian dari peningkatan kapabilitas pemeriksa dan menunjukkan bahwa para pemeriksa BPK diakui dan mampu bersaing di dunia internasional. Pencapaian baik secara kelembagaan maupun pemeriksaan tersebut perlu ditingkatkan pada periode Renstra 2020-2024 mendatang. BPK harus membangun tekad untuk meningkatkan level kematangan organisasi menuju level foresight. Fungsi ini dapat dilakukan dengan pelaksanaan kewenangan pemberian pendapat BPK terkait dengan pemilihan kebijakan publik (setting policy) dalam program-program pembangunan sehingga keberadaan BPK dapat memberikan manfaat bagi rakyat Indonesia dan dunia internasional. Upaya peningkatan peran BPK tersebut harus dilaksanakan melalui strategi pemeriksaan yang komprehensif dan mampu memberikan perbaikan berkelanjutan. Hal ini membutuhkan sinergi pada setiap elemen dalam organisasi ini dan kolaborasi dengan berbagai pihak yang mampu memberikan nilai tambah pada hasil pemeriksaan BPK. Peningkatan peranan tersebut juga harus didukung dengan penguatan kelembagaan organisasi BPK. BPK harus mampu mengelola sumber daya dan meningkatkan kapabilitas organisasi sehingga mampu menjadi lembaga pemeriksa yang leading by example,Upacara Peringatan HUT ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tersebut diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai BPK Perwakilan Provinsi Bengkulu.

Pada kesempatan ini diberikan juga piagam penghargaan Satya Lancana Karya Satya 10 tahun kepada Penata/Pengelola kepegawaian Liga Wiratama, S.E, Pemeriksa Muda Muchamad Arif Wijaya,S.E dan 20 tahun kepada Kasubbag Umum dan Teknologi Informasi Iwan Sukma Permana, S.T.,M.M.

 Selain itu, inspektur upacara juga memberikan piagam penghargaan Pegawai Terbaik Kepada, Adi Pradana Bachrum, Rahma Fitri, Richard Olbi, Merry hastuti dan Kepada Security Delta Suardinata.