Upacara Peringatan HUT BPK Ke-73

HumasTU – Senin, 20 Januari 2020 Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Bengkulu melaksanakan upacara dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) BPK RI yang ke-73 Tahun tepatnya sudah 19 hari sejak pembentukan BPK RI awalnya pada tanggal 1 Januari 1947 yang berkedudukan sementara di Kota Magelang. Pada waktu itu Ketua Badan Pemeriksa Keuangan pertama adalah R. Soerasno.

Upacara peringatan HUT BPK RI dilaksanakan di halaman kantor BPK Provinsi Bengkulu JL.H. Adam Malik Km 8. Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Kepala Perwakilan BPK Provinsi Bengkulu R. Aryo Seto Bomantari. Upacara ini diikuti oleh seluruh pegawai BPK Perwakilan Provinsi Bengkulu serta juga dihadiri oleh beberapa Pejabat baik dari Kepala Sub Auditorat I Ranni Agriadi, Kepala Sub Auditorat II Indra Syahputra, Kepala Sekretariat Perwakilan Muhammad Hidayat dan Kepala Sub Bagian SDM Adhy Chahyo Nugroho, Keuangan Lui Hermawan, HumasTU Rony Setyo Kurniawan, Hukum Cosmas Andri Franskatri Anggita serta Umum dan TI Iwan Sukma Permana.

Dalam pidato Ketua BPK RI yang disampaikan oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Bengkulu, kedepan BPK akan pro aktif dalam merespon masalah tata kelola keuangan yang strategis, dan intensif mengkomunikasikan arah kebijakannya kepada publik serta pemangku kepentingan. Namun harus disadari oleh kita semua, bahwa betapapun besarnya tanggungjawab dan ekspektasi masyarakat serta pemangku kepentingan terhadap BPK, ada keterbatasan yang harus direspon, baik dalam hal anggaran, sarana dan prasarana maupun kuantitas SDM. Dengan pemahaman atas keterbatasan itu dan keinginan kuat untuk memberikan nilai dan manfaat bagi perubahan dalam kehidupan masyarakat, maka didesain Visi BPK 2020-2024 adalah menjadi Lembaga pemeriksa tepercaya yang mendorong pengelolaan  keuangan yang berkualitas dan bermanfaat untuk mencapai tujuan bernegara.

Keterbatasan itu pula yang perlu direspon dengan membangun dan memperkuat kebersamaan di BPK, dan oleh karena itu pula tema yang diusung dalam HUT BPK ke-73 adalah “Bersatu padu, BPK maju”. Dengan semangat persatuan, setiap unit kerja didorong bersinergi untuk menghasilkan energi besar dalam mendukung pelaksanaan tugas-tugas BPK kedepan.

Selain dilaksanakannya Upacara dalam HUT BPK yang Ke-73 ini, sebagai apresiasi kepada aparatur sipil negara (ASN) yang telah mengabdi selama 10 tahun, Kepala Perwakilan menyematkan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya X Tahun kepada 3 orang pegawai di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Bengkulu yaitu Mario Anton Wibowo, Medy Oktrian, dan Ernida Alimia.

Dirgahayu BPK RI