Tak Mau Ada Temuan BPK, Kepala OPD Dikumpulkan

ARGA MAKMUR – Bupati Bengkulu Utara (BU), Ir. Mian mengumpulkan seluruh kepala Organisi Perangkat Daerah (OPD), kemarin (22/9). Ini dilakukan jelang pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait anggaran yang sudah dibelanjakan sepanjang tahun ini.

Mian menerangkan jika dalam pelaksanaan anggaran tahun lalu masih ada catatan dalam hasil audit BPK. Hal ini diharapkannya tidak lagi terjadi tahun depan. Ia meminta selua OPD patuh dalam penyerapan anggaran sesuai aturan yang berlaku.

“Kita harus belajar dari tahun lalu. Apa yang menjadi kesalahan dalam audit BPK tahun lalu, tahun ini tidak boleh terjadi lagi,” kata Mian.

Tak hanya mempersiapkan audit BPK, ia juga meminta seluruh kepala OPD memverifikasi sendiri anggaran yang akan dimasukkan dalam APBD-Perubahan maupun APBD murni 2018. Hanya saja seluruh OPD diminta tetap efisien dalam menggunakan anggaran.

“Kegiatan yang diajukan haruslah kegiatan yang benar-benar dibutuhkan. Kita harus efisien dalam menggunakan anggaran,” katanya.

Menjelang akhir tahun, ia juga meminta seluruh OPD yang memiliki kegiatan fisik untuk memastikan hasil pekerjaan. Ia tidak ingin ada pekerjaan yang nyatanya tidak sesuai dengan kontrak dan berujung dengan penindakan hukum berikutnya.

“Periksa baik-baik semua pekerjaan, jangan ada toleransi. Jika memang belum sesuai dengan kontrak perbaiki lagi. Kita bekerja sesuaikan saja dengan aturan,” tukas Mian.

Data terhimpun RB rapat yang digelar tertutup ini sengaja dilakukan Bupati Mian dan Sekda BU, Dr. Haryadi, MM, M.Si. Maklum, biasanya  para pejabat jarang masuk kerja di hari “terjepitseperti Jumat (22/9) dimana Kamis (21/9) dan Sabtu (23/9) hari libur kerja. (qia)

Sumber: http://harianrakyatbengkulu.com