BPK Perwakilan Provinsi Bengkulu Selenggarakan sosialisasi dan penyuluhan ke pada pegawai terkait pencegahan dan penanggulangan kebakaran

Humastu, Kamis, 13 Agustus 2020 BPK Perwakilan Provinsi Bengkulu mengundang Dinas Pemadam Kebakaran Provinsi Bengkulu melakukan sosialisasi dan penyuluhan ke pada pegawai terkait pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

Pelaksanaan sosialisasi dan penyuluhan diadakan di halaman belakang kantor BPK Perwakilan Provinsi Bengkulu pada pukul 09.00 WIB.  Kegiatan ini dihadiri oleh pajabat struktural BPK Perwakilan Provinsi Bengkulu yaitu, Kepala Sekretariat Perwakilan, Muhammad Hidayat, Kepala Sub Bagian Keuangan, Lui Hermawan, dan Kepala Sub Bagian Umum dan TI, Iwan Sukma Permana.

Pembukaan acara sosialisasi dipimpin langsung oleh Kepala Sekretariat Perwakilan BPK Provinsi Bengkulu. Mewakili dari Dinas Pemadam kebakaran selaku Kepala Bidang Pencegahan, Penyuluhan dan Diklat, Yuristyawati memberi pengarahan terkait pencegahan dan penanggulangan kebakaran didampingi oleh Kepala Seksi Diklat, Aryadhi.

Pada kegiatan ini para pegawai diberi penjelasan jenis-jenis alat pemadam api dan bagaimana cara kerjanya, alat pemadam api yang digunakan adalah Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yaitu tabung pemadam api yang mudah dioperasikan bahkan oleh satu orang pengguna. karena bentuknya kecil serta beratnya dapat ditanggung oleh satu orang saja. Portable Unit ini memiliki kelebihan dan kekurangan, di mana tabung jenis ini dapat mematikan api pada awal terjadinya kebakaran. tetapi tidak direkomendasikan untuk kebakaran yang sudah membesar. Beberapa media yang digunakan di antaranya:

  • Dry Chemical Powder
  • CO2 (Carbon Dioxide)
  • Foam AFFF (Aqueoues Film Forming Foam)
  • Gas Pengganti Hallon 141b (Clean Agent)

Dalam kegiatan ini setiap Pegawai, OB dan Security diberi kesempatan praktik secara langsung bagaimana tindakan penanggulangan yang harus dilakukan ketika terjadi kondisi yang dapat menyebabkan bencana kebakaran. Diharapkan melalui kegiatan ini dapat menambah wawasan dan pemahaman terkait penanggulangan bencana kebakaran.