Diklat Manajemen Perkantoran di BPK Perwakilan Provinsi Bengkulu

Bengkulu, 15 November 2017. Setiap kantor memiliki sistem manajemen untuk mengelola bahan, keterangan, komunikasi dan ingatan organisasi. Dengan adanya sistem manajemen perkantoran, segala sesuatunya lebih efisien dan dapat lebih jelas kapan dan dimana pekerjaan itu harus dilaksanakan, serta telah terencana dengan baik. Mengingat banyaknya fungsi manajemen dalam perkantoran, sehingga sangat diperlukan suatu sistem manajemen yang berjalan dan terkoordinasi oleh suatu kepemimpinan yang baik. Kantor yang baik adalah kantor yang mempunyai manajemen yang baik dan profesional.

Pada BPK Perwakilan Provinsi Bengkulu, fungsi manajemen perkantoran berada dibawah tanggung jawab bagian Sekretariat Perwakilan yang mempunyai  tugas menyelenggarakan dan mengkoordinasikan dukungan administrasi, hukum dan hubungan masyarakat, protokoler serta sumber daya untuk kelancaran tugas dan fungsi BPK Perwakilan Provinsi Bengkulu. Untuk itu diperlukan kualifikasi profesional di bidang tersebut, sehingga para pegawai yang bertanggung jawab dalam bidang manajemen perkantoran semakin terampil, efektif dan efisien, cepat dan tepat dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Dalam rangka peningkatan kualifikasi para pegawai di lingkungan perwakilan, dipandang perlu untuk menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Manajemen Perkantoran di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Bengkulu.

Berdasarkan latar belakang tersebut, maka Subbagian SDM BPK Perwakilan Provinsi Bengkulu melaksanakan Diklat Manajemen Perkantoran selama 2 hari (20 jam pelajaran) bagi 40 orang pegawai mulai tanggal 15 s.d. 16 November 2017 dengan Instruktur dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jurusan Administrasi Negara Universitas Bengkulu yang dilaksanakan di ruang diklat lantai 2 dan dibuka secara resmi oleh Plh. Kepala Subbagian Humas & TU Kepala Perwakilan D.M.T. Ririen Dayatiturini.

Tujuan pelaksanaan diklat ini adalah:

  1. Memahami pelayanan apa saja yang ada di kantor;
  2. Memahami cara memberikan pelayanan prima;
  3. Melakukan penanganan Surat dan Arsip;
  4. Memahami keprotokolan sehari-hari;
  5. Memahami office layout dan green office;
  6. Membuat agenda dan mengkomunikasikan kegiatan (time management).