DPN Lantik Pengurus IPKN Wilayah Sumbagsel Periode 2020-2023

Bengkulu – Dewan Pengurus Nasional Institut Pemeriksa Keuangan Negara (DPN IPKN) menyelenggarakan pelantikan Pengurus IPKN Wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) periode 2020-2023 yang terdiri dari IPKN Wilayah Jambi, IPKN Wilayah Sumatera Selatan, IPKN Wilayah Bengkulu, IPKN Wilayah Lampung, dan IPKN Wilayah Kepulauan Bangka Belitung. Para pengurus IPKN tersebut dilantik secara Virtual oleh Ketua Umum DPN IPKN Prof. Dr. Bahrullah Akbar, M.B.A.,CIPM.,CSFA.,CPA., di masing-masing Kantor BPK Perwakilan pada Kamis (8/10).

Dalam sambutanya, Bahrullah Akbar Menjelasakan, IPKN sendiri merupakan organisasi profesi pemeriksa keuangan negara yang telah diresmikan di Jakarta pada tanggal 20 Februari 2020. Organisasi ini diinisiasi oleh BPK RI selaku instansi pembina jabatan fungsional pemeriksa keuangan negara, dengan tujuan untuk mengembangkan dan mendayagunakan potensi pemeriksa bagi kepentingan bangsa dan negara. pelantikan ini didasari Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2006 tentang Badan Pemeriksa Keuangan dan Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 49 Tahun 2018 tentang Jabatan Fungsional Pemeriksa yang menyatakan bahwa jabatan fungsional pemeriksa wajib memiliki organisasi profesi untuk menjamin terwujudnya standar kualitas dan profesionalisme, IPKN terbuka bagi pengawas internal pemerintah, BPKP, Inspektorat Jenderal, Inspektorat Provinsi/Kabupaten/Kota serta pihak-pihak lain yang bersinergi, termasuk pihak Universitas dan Kantor Akuntan Publik (KAP).

Semua itu dilakukan untuk menyamakan persepsi dalam rangka mendorong pemerintahan yang good governance dan meningkatkan tata kelola keuangan negara yang lebih bersih dan lebih baik.

Hadir pula secara virtual dalam pelantikan tersebut, Plt. Gubernur Bengkulu yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri ,Plt. Walikota Bengkulu, Auditor Utama Keuangan Negara V BPK RI Akhsanul Khaq, MBA., Ak., CFE., CMA., CPA., CSFA., CA., para pengurus IPKN seluruh Indonesia, para Inspektur Provinsi/Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Bengkulu, Provinsi Lampung, dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ketua DPN Ikatan Akuntan Indonesia, Rektor Universitas Jambi, Sriwijaya, Bengkulu, Lampung, dan Kepulauan Bangka Belitung, Kepala Divisi SPI BPD Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, dan Kepulauan Bangka Belitung serta para tamu undangan lainnya. Humastu