Perwakilan Bengkulu Gelar Pembekalan Persiapan Pemeriksaan Semester II TA 2019

 

 

 

 

Bengkulu – Humas BPK

BPK Perwakilan Provinsi Bengkulu menggelar kegiatan pembekalan persiapan pemeriksaan Semester II Tahun Anggaran 2019 kepada para pegawai di Ruang Kelas Kantor Perwakilan Bengkulu pada Rabu, 18 September 2019.

Kepala Perwakilan, R. Aryo Seto Bomantari, pada saat membuka acara menyebutkan bahwa pembekalan persiapan pemeriksaan bertujuan untuk menginformasikan kepada para pegawai terkait jadwal, strategi pemeriksaan dan harapan penugasan pemeriksaan.

“Kepada seluruh Tim Pemeriksaan Semester II TA 2019 agar mengikuti jadwal yang sudah ditentukan, sehingga tidak ada kemunduran waktu dalam penyelesaian pekerjaan. Selain itu diharapkan kepada tim pemeriksaan selalu untuk menjaga nilai-nilai dasar BPK yaitu integritas, independensi dan profesionalisme selama menjalankan pemeriksaan,” tegas Kepala Perwakilan.

Dalam kegiatan pembekalan tersebut Kepala Perwakilan berpesan agar Tim Pemeriksa memiliki komunikasi yang baik dengan auditee karena komunikasi yang baik sangat diperlukan dalam proses pemeriksaan sehingga tujuan audit dapat tercapai. Kepala Perwakilan juga menekankan pentingnya mematuhi dan melaksanakan juklak dan juknis pemeriksaan yang sudah ditetapkan.

Terkait dengan temuan pemeriksaan, Kepala Perwakilan berpesan agar temuan pemeriksaan segera dikomunikasikan dan disampaikan kepada entitas jangan ditunda sampai akhir pemeriksaan lapangan. Sehingga, jika terdapat hal-hal yang belum disampaikan atau dokumen yang belum disampaikan kepada Tim Pemeriksa, entitas yang diperiksa dapat segera mengklarikisasi.

Kepala Perwakilan berharap pemeriksaan yang dilakukan BPK dapat memberikan manfaat bagi entitas yang diperiksa dan juga bagi masyarakat. Rekomendasi yang diberikan BPK juga sesuai dengan yang dibutuhkan entitas.

Diakhir pembekalan Kepala Perwakilan berpesan agar Tim Pemeriksa selalu menjaga kesehatan, kekompakan antar anggota tim, melakukan reviu berjenjang, dan selalu berkoordinasi dengan Pengendali Teknis, Wakil Penanggung Jawab dan Penanggung Jawab melalui pembuatan laporan mingguan pemeriksaan.

Pada Semester II Tahun 2019, BPK Perwakilan Provinsi Bengkulu akan melaksanakan enam pemeriksaan kinerja dan empat pemeriksaan dengan tujuan tertentu serta empat pemeriksaan interim LKPD TA 2019. (***/htu)